-->

Bagaimana Cara Membeli Saham Lewat Online

Anda mungkin sudah sudah sangat paham bahwa investasi saham menyediakan peluang untuk memperoleh keuntungan dalam jumlah yang sangat besar atau mungkin justru menjadi motivasi bagi Anda untuk menerjuni dunia investasi saham. Hal ini memang mungkin direalisasikan asalkan asalkan investor yang bersangkutan mampu menguasai seluruh strategi untuk meraup keuntungan sekaligus menerapkan manajemen dana yang baik untuk menghindari kehilangan segala-galanya saat mengalami kekalahan pada pasar saham. Dalam membeli saham pun sekarang investor sudah semakin dimudahkan dengan fasilitas internet. Artikel ini akan membahas cara membeli saham secara online bagi Anda.

Salah Satu Cara Membeli saham Lewat Online

Perangkat yang dibutuhkan dalam investasi saham

Sebelum menjabarkan tentang cara beli saham online sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perangkat yang Anda perlukan dalam menjalankan investasi ini. Peralatan ini selayaknya dapat menjadi penunjang dalam melakukan transaksi saham. Inilah instrumen yang Anda butuhkan tersebut:

Seperangkat PC berikut modem untuk mengakses internet.

Para investor yang memutuskan hanya menjadikan trading sebagai mata pencaharian utamanya pada umumnya akan berusaha membuat pekerjaannya dapat dilakukan senyaman mungkin seperti misalnya menyediakan PC dengan monitor lebar seperti 17 inchi, 32 inchi, 42 inchi, hingga 50 inchi. Bila sudah dapat mengakses internet Anda dapat melakukan pendaftaran secara online pada perusahaan sekuritas atau broker saham secara online. Setelah itu Anda tinggal mengkuti panduan dari broker mitra Anda tersebut.

Laptop

Bagi Anda yang masih mempunyai profesi lain di luar trading saham, laptop dapat menjadi pilihan sarana investasi yang tepat karena dapat dibawa kemana-mana. Dengan demikian Anda akan dapat memonitor pasar kapan dan dimana pun asalkan memungkinkan untuk mengakses internet.

Ipad dan tablet

Bila laptop dirasa terlalu besar atau berat, Anda dapat memilih menggunakan tablet atau iPad yang lebih praktis. Tentu saja Anda harus menyesuaikan diri dengan ukuran layarnya yang memang terbatas. Meskipun demikian sarana ini sudah sangat memadai untuk memonitor pasar, melakukan pendaftaran via online kepada perusahaan sekuritas, hingga dapat menjadi salah satu cara beli saham online.

Smartphone

Teknologi perangkat komunikasi telah semakin maju dan hampir semua ponsel pintar yang beredar saat ini dari berbagai vendor telah dapat digunakan untuk mengakses internet. Artinya Anda pun sudah bisa menggunakan smartphone untuk melakukan investasi saham secara online dengan beraktifitas pada pasar saham.

Setelah mengetahui beberapa perangkat yang dapat Anda gunakan untuk beraktifitas pada pasar saham berikutnya kita akan membahas tentang cara beli saham online. Mari kita simak panduannya bagi Anda terutama bagi pemula atau masih awam dengan investasi ini.
Secara singkat ada 5 cara untuk membeli saham secara online, yaitu:
  1. Membuka rekening saham
  2. Melakukan deposit dana
  3. Menginstal software online trading
  4. Melakukan transaksi jual beli saham via software/platform trading
  5. Mempelajari teknik dan strategi investasi saham


Sekarang mari kita uraikan satu demi satu panduan cara membeli saham tersebut:

5 Cara Untuk Membeli Saham Secara Online


Membuka rekening saham

Agar dapat melakukan pembelian saham pertama kita harus terdaftar sebagai nasabah pada perusahaan broker tertentu. Perusahaan ini adalah perantara antara pemilik saham perseorangan dengan pasar saham. Melalui perusahaan sekuritas inilah kita dapat melakukan pembelian saham pada Bursa Efek Indonesia atau BEI. Jika Anda ingin melakukan pembelian saham secara online pastikan bahwa perusahaan broker incaran yang hendak Anda jadikan mitra investasi saham Anda memang menyediakan software online trading yang berkualitas dan cukup mudah untuk digunakan. Anda tak dikenakan biaya apa pun untuk membuka akun rekening saham. Yang harus dilakukan oleh calon investor hanyalah mengisi formulir serta melengkapi berkas-berkasnya yang biasanya berupa copy dari beberapa dokumen.

Deposit dana

Langkah kedua dari cara beli saham online ini adalah menanamkan modal kita untuk mulai berinvestasi. Pada umumnya saat rekening saham telah jadi Anda akan memperoleh email dalam satu atau dua minggu dari perusahaan tempat Anda mendaftar yang merupakan konfirmasi pembukaan akun rekening saham. Email tersebut berisi informasi username, PIN, password, serta RDI atau nomor rekening dana investor. Untuk mengaktifkan akun kita harus melakukan penanaman dana ke RDI tersebut

Besarnya deposit adalah sebagaimana yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang bersangkutan. RDI ini adalah rekening bank atas nama pendaftar sendiri tetapi tak seperti akun bank, tak terdapat buku tabungan atau kartu ATM. Fungsi dari RDI ini hanya digunakan untuk menyimpan dana nasabah sebelum digunakan untuk pembelian saham. Untuk melakukan deposit dana ini kita dapat melakukan transfer melalui teller bank, internet banking, atau melalui ATM.

Instalasi software online trading

Langkah yang ketiga adalah mengunduh serta melakukan instalasi software trading yang disediakan oleh perusahaan broker tempat Anda melakukan pendaftaran secara online tadi. Untuk software trading saham tersedia versi PC atau smartphone seperti iPhone atau Android. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Pada umumnya software ini dapat diunduh dengan cuma-cuma tanpa biaya pemakaian. Setelah itu berikutnya Anda tinggal melakukan login menggunakan username serta password yang dikirimkan melalui email konfirmasi untuk mengakses akun Anda. Setelah melakukan login Anda pada umumnya akan diminta untuk mengganti PIN dan password demi keamanan.

Bertransaksi menggunakan software trading saham

Setelah mengetahui cara beli saham online sekarang Anda sudah dapat menggunakan software trading untuk melakukan transaksi saham. Dalam software tersebut tersedia menu untuk melakukan pembelian atau penjualan saham. Masukkan PIN Anda agar transaksi saham memungkinkan untuk dilakukan setelah itu pilihlah menu beli saham atau buy. Selanjutnya Anda tinggal memasukkan kode saham yang ingin Anda beli.

Terdapat kode 4 huruf seperti misalnya pada saham PT Aneka Tambang Tbk kodenya adalah ANTM. Anda tinggal memasukkan harga saham yang ingin Anda beli kemudian masukkan jumlah lot saham. Jumlah pembelian minimal saham adalah 1 lot atau 100 lembar. Terakhir, klik tombol send. Cukup praktis, bukan? Untuk melakukan penjualan juga dilakukan melalui software trading tersebut. Anda tinggal memilih menu jual atau sell. Selisih dari pembelian dan penjualan itulah yang menjadi profit investor dan akan langsung dimasukkan ke dalam saldo.

Mempelajari teknik sukses dalam investasi saham

Tentu saja berkecimpung dalam dunia trading saham tak sesimple teknik yang Anda terapkan dalam menjual atau membeli saham. Dibutuhkan strategi yang tepat dalam beraktifitas pada pasar saham. Hal-hal yang perlu Anda pelajari adalah memilih saham, menentukan waktu yang paling pas untuk membeli atau menjual saham. Untuk mendapatkan wawasan ini Anda bisa mengikuti workshop atau seminar yang sudah banyak diadakan atau bisa juga dengan membaca beragam buku tentang saham yang ditulis oleh para profesional.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan cara membeli saham secara online. Semoga dapat menambah wawasan Anda.
Diberdayakan oleh Blogger